Pages

Saturday 5 November 2011

pergeseran karakter


Bimillah, hello bloggah :D

Beberapa hari yang lalu aku sempet konseling sama salah satu guruku. Namanya pak AB. Biasa kalo kelas 3 itu kan masa masa labil, hehe mau lanjut kemana, sedang apa, dimana, kemana, ayu ting ting buanget jadinya --“ hahaha. But seriously, walaupun konseling ini cuma sebentar dan privat tapi menghasilkan sesuatu..

Aku cerita unek unekku tentang masalah belajar yang naik turun. Kemampuan nyerap soal yang nggak seperti dulu jaman SD T.T sampe konsentrasiku di kelas yang mesti pecah. Dari keseluruhan, jawaban pak AB Cuma 1. 

Pergeseran karakter.

Ya, pergeseran karakter ini yang aku alami sekarang. Dari tipe visual total ke visual auditory. Dari tipe penyabar ke pemarah. Dan pengaruhnya adalah lingkungan sekitarku, kata pak AB. Aku belain dong temen-temenku, karna ngerasa mereka semua contoh baikku di SMA ini, *ciyeh* 

trus jawaban pak AB cuma gini... 
“Mereka beda sama kamu rat, mereka memiliki tipe santai. Tapi sesaat pernah kamu coba cari tau bagaimana cara mereka belajar sampai bisa pinter ?  

Rasanya kayak kena palu godam bok..

Tapi memang aku akuin, temen-temenku ini luar biasa cerdas dari lahir. Dan karena posisinya 3 tahun aku sama mereka, karna nggak ada pengacakan kelas *Alhamdulillah*a ku mungkin jadi terbawa cara mereka kali ya hehe.

Padahal, setiap orang punya karakter sendiri sendiri.

Entah karakter belajar, karakter sifat, karakter dalam ngehadapi masalah, dan lain-lain. Berarti penting banget buat jadi diri sendiri ya ternyata, hehe

dan pak AB nambahin lagi, “maaf ya rat sebelumnya. Sekali lagi maaf. Egomu luar biasa.”

Rasanya kaya kena palu godam plus ditimpuk semangka setruk

Dan aku jawab pak AB “iya pak bener. Tapi kalau saya emosi, saya nggak marah. Saya diem, mendem, dan akhirnya mood saya berubah, wajah juga berubah” aje gile, lu kira muka gue punya sihir --“ tapi maksudku berubah disini itu, mukaku jadi lesu, duiem ngepol, parah lah pengaturan emosiku. Dan sebenernya hal ini udah aku sering denger dari Mama, tapi sayangnya baru sekarang aku putusin untuk merubah karakterku dan belajar kontrol emosi.

Dan ini keluhan terakhirku sama pak AB, tapi dijawab dengan sangat simple.

Tapi, apa saya bisa masuk FK ya pak ? saya bener bener nggak yakin…” ini keluhan yang umum didengar ya.. tiba-tiba pak AB narik lengan baju nupi yang kebetulan duduk di sebelahku, dan menunjuk bed sekolahku..  

“baca ini, baca !” dengan suaranya yang tegas. Aku sama nupi cuman bisa tunduk, dan “hujan” hebat di bajuku.  

"SMA NEGERI 5 SURABAYA. Bedakan nak, walaupun bed ini cuma segaris, dan terkadang kamu lupakan. Tapi, ini yang membawamu kemanapun. Jadikan penyemangat, jadikan kebanggaan. Ingat semua perjuanganmu untuk masuk ke sekolah itu. Kamu mampu.”

Diam, tunduk, dan semua memori 2,5 tahun silam memenuhi ruang pikirku. Semoga hal yang sama bisa terulang,baik di aku, atau kamu. 


"We are not has-been. We are a will be.
cerita canda ceriwis :)